10+ Strategi Pemasaran Produk dan Langkah-langkahnya yang Efektif

Strategi pemasaran produk pada dasarnya merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat dan calon pembeli.

Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang tujuan strategi pemasaran, konsep strategi pemasaran, seperti segmentasi pasar, market positioning, marketing mix strategy, timing, dan market entry strategy. Kemudian akan dibahas lebih lanjut tentang bagaimana langkah-langkah pemasaran produk. Sudah siap untuk mengetahui lebih lanjut? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran produk merupakan seperangkat usaha untuk memasarkan sebuah produk, barang ataupun jasa dengan cara tertentu sehingga penjualannya bisa meningkat. Lalu apa tujuan strategi pemasaran?

Tujuan Strategi Pemasaran

Adapun tujuan utama dari strategi pemasaran produk adalah untuk meningkatkan kualitas koordinasi dalam tim marketing, meningkatkan kemampuan beradaptasi jika terjadi perubahan dalam proses pemasaran dan sebagai dasar dalam mengambil keputusan.

Hal ini karena dunia pemasaran yang terus berubah-ubah memerlukan sebuah strategi untuk tetap mendapatkan hasil yang maksimal. Pertanyaannya sekarang, bagaimana konsep strategi pemasaran sehingga usaha bisa berhasil?

Konsep Strategi Pemasaran

Nah konsep strategi pemasaran ada 5, apa saja itu? Berikut ulasannya!

a. Segmentasi Pasar

Konsep strategi pemasaran yang pertama yaitu segmentasi pasar. Segmentasi pasar ini perlu StickFriends lakukan, karena setiap pembeli tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. StickFriends bisa mengklasifikasi pasar berdasarkan kebutuhan pembeli, kemudian bisa disesuaikan dengan produk StickFriends tentunya.

b. Positioning Market

Positioning market ini maksudnya adalah pola yang spesifik agar StickFriends mendapatkan konsumen yang sesuai dengan produk yang StickFriends tawarkan. Misalnya StickFriends menjual mainan anak-anak, maka StickFriends bisa menawarkannya pada anak-anak.

c. Marketing Mix Strategy

Marketing mix strategi juga bisa StickFriends terapkan dalam bisnis StickFriends. konsep strategi pemasaran ini meliputi beberapa variabel antara lain product, price, place, promotion, participant, process, people physical dan evidence.

d. Timing Strategy

Timing strategy maksudnya yaitu menentukan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan produksi hingga proses pemasaran produk. Dengan pemilihan waktu yang tepat StickFriends bisa melakukan beberapa persiapan lainnya untuk kegiatan produksi, terutama dalam hal ini yaitu strategi dalam menentukan waktu terbaik untuk mendistribusikan produk StickFriends.

e. Market Entry Strategy

Market entry strategi merupakan salah satu konsep pemasaran yang dilakukan, apabila sebuah perusahaan ingin memasuki segmen pasar tertentu. Strategi yang bisa StickFriends lakukan yaitu dengan membeli perusahaan lain, kerjasama dengan perusahaan lain, ataupun melalui internal development.

Langkah-langkah Pemasaran Produk

Hal terpenting dalam strategi pemasaran produk yaitu menentukan langkah pemasaran. Apa saja ya yang akan kita lakukan dalam memasarkan produk? Berikut 11 langkah ampuh yang bisa StickFriends coba dalam pemasaran produk StickFriends.

1. Mengenal Pelanggan Dengan Baik

Pelanggan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu bisnis. Hal ini karena pelanggan merupakan target pasar dari suatu produk. Jika StickFriends tidak mengenalnya dengan baik, maka bisa jadi produk yang StickFriends tawarkan tidak akan laku di pasaran.

2. Melakukan Promosi yang Tepat

Kegiatan promosi adalah hal utama yang perlu StickFriends perhatikan dalam proses promosi. Sebaiknya StickFriends melakukan promosi yang tepat baik dari segi penentuan tempat hingga waktu promosinya.

3. Membangun Tempat Usaha yang Strategis

Dalam strategi bisnis, tempat membangun usaha menjadi faktor penting yang bisa menentukan kesuksesan bisnis. Minimal area yang StickFriends pilih adalah area yang ramai dan mudah untuk diakses publik. Hal ini karena tempat yang ramai biasanya memiliki potensi pasar yang jauh lebih tinggi daripada tempat yang sepi.

4. Membuat Anggaran yang Sistematis

Anggaran merupakan salah satu strategi bisnis yang penting untuk StickFriends perhatikan. Dalam membuat anggaran, StickFriends bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur anggaran seperti accurate online. StickFriends bisa menambahkan insentif untuk konsumen dalam anggaran. Insentif ini StickFriends berikan untuk konsumen yang memberikan testimoni menarik pada produk StickFriends. Dengan adanya hal ini tentunya bisa menarik konsumen untuk terus membeli produk StickFriends.

5. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Strategi pelayan yang baik dalam pemasaran produk adalah langkah terbaik untuk keberhasilan suatu usaha. Hal ini karena pelayanan yang buruk akan membuat konsumen akan malas berinteraksi dengan usaha StickFriends. Pelayan terbaik itu dapat berupa memberikan hadiah atau reward kepada pelanggan. Ini sebagai bentuk menyenangkan pelanggan sehingga mau membeli produk StickFriends terus menerus.

6. Memiliki Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu media pemasaran yang paling ampuh saat ini. Apalagi jika mengingat bahwa media sosial merupakan media yang paling banyak digunakan masyarakat saat ini.

Contohnya, StickFriends bisa melakukan promosi melalui Instagram, Facebook ataupun TikTok. StickFriends bisa mulai membuat postingan konten yang berkaitan dengan produkmu melalui media sosial tersebut.

7. Memanfaatkan Teknik Pemasaran secara Langsung

Tidak hanya melalui media sosial, StickFriends juga bisa menerapkan langkah strategi secara langsung yaitu teknik pemasaran mulut ke mulut. Dengan cara ini StickFriends bisa berkomunikasi secara langsung dengan konsumen.

Cara ini akan sangat berguna jika StickFriends memberikan memiliki produk dan pelayanan terbaik dalam bisnis StickFriends. Hal ini karena konsumen yang merasa puas dengan produk StickFriends akan berpotensi untuk memberitahu konsumen lain untuk membeli produk tersebut, loh.

8. Aktifkan Email Marketing

Jumlah pengguna email di dunia ini sangatlah banyak sehingga mempromosikan produk via email merupakan salah satu cara yang cukup efektif. Oleh karena itu, adanya akun email marketing itu penting untuk StickFriends miliki.

Email marketing ini sebagai salah satu ajang terbaik untuk mempromosikan produk StickFriends. Namun alangkah StickFriends memberikan kata-kata menarik dan membujuk dalam email yang StickFriends kirimkan ya.

9. Menjalankan Bisnis Sistem Dropship

Dropship adalah agen yang membantu StickFriends menawarkan produk tanpa harus membeli produk StickFriends. Semakin banyak dropship yang bergabung dalam bisnis StickFriends, semakin luas juga jangkauan bisnis StickFriends sehingga kemungkinan keberhasilan bisnis StickFriends juga akan semakin meningkat.

10. Membuat Website Toko Online

Membuat website jualan online sendiri itu penting karena tidak cukup jika StickFriends hanya memasarkan produk melalui media sosial atau pun email. Strategi pemasaran ini bisa membuat toko StickFriends lebih dipercaya konsumen.

Apalagi jika mengingat penipuan saat ini yang cukup tinggi. Jadi sebaiknya StickFriends buat website toko agar pelanggan tidak ragu untuk membeli produk yang kamu jual.

11. Iklan yang Menarik

Strategi pemasaran terutama dalam promosi akan sia-sia jika tidak menggunakan iklan yang menarik. Hal ini karena iklan yang menarik biasanya akan menarik perhatian banyak pelanggan sehingga pelangganpun bisa tahu produk kamu.

Sumber : https://stickearn.com/insights/blog/strategi-pemasaran-produk

Bersama

PT. Jasa Konsultan Keuangan

PT. Jasa Laporan Keuangan

PT. BlockMoney BlockChain Indonesia

“Selamat Datang di Masa Depan”

Smart Way to Accounting Solutions

Bidang Usaha / jasa:

– Accounting Service

– Peningkatan Profit Bisnis (Increased Profit Business Service)

– Pemeriksaan Pengelolaan (Management Keuangan Dan Akuntansi, Due Diligent)

– Konsultan Pajak (Tax Consultant)

– Studi Kelayakan (Feasibility Study)

– Projek Proposal / Media Pembiayaan

– Pembuatan Perusahaan Baru

– Jasa Digital Marketing (DIMA)

– Jasa Digital Ekosistem (DEKO)

– Jasa Digital Ekonomi (DEMI)

– 10 Peta Uang Blockchain

Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

Email: headoffice@jasakonsultankeuangan.co.id

cc:

jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com

jasakonsultankeuangan.co.id

WebSite :

https://jasakonsultankeuangan.co.id/

https://marineconstruction.co.id/

https://g.page/jasa-konsultan-keuangan-jakarta?share

Sosial media:

https://www.instagram.com/p/B5RzPj4pVSi/?igshid=vsx6b77vc8wn/

https://www.facebook.com/JasaKonsultanKeuanganIndonesia

https://linkedin.com/in/jasa-konsultan-keuangan-76b21310b

Digital Ekosistem (DEKO) Web Komunitas (WebKom) PT JKK Digital:

Platform komunitas corporate blockchain industri keuangan

#JasaKonsultanKeuangan #BlockMoney #jasalaporankeuangan

#JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi #jkkdigital #jkkgroup

#sumberrayadatasolusi #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama

#blockmoneyindonesia #marinecontruction #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan

#jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi #Accountingservice #Tax #Audit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BlockMoney BlockChain Indonesia