6 Jenis Layanan Logistik, Pebisnis Wajib Tahu Bedanya!

Apa yang terbayang di benakmu ketika mendengar tentang layanan logistik? Tak jarang, logistik dianggap sama dengan ekspedisi atau layanan pengiriman. Nggakseratus persen salah memang, hanya kurang tepat. Layanan logistik sebenarnya bukan sekadar pengiriman barang, ada beberapa jenis layanan lain yang termasuk di dalamnya. Apa aja? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak penjelasan berikut ini!


Apa Itu Layanan Logistik?

Kalau kamu melihat KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), layanan logistik diartikan sebagai layanan pengadaan, perawatan, distribusi, dan penyediaan. Jadi, bisa disimpulkan kalau logistik nggak hanya berhubungan dengan pengiriman, tapi juga mencakup upaya untuk menghadirkan suatu barang dan bahkan perawatannya.

Layanan logistik bisa dibilang merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan kepuasan pelanggan. Bayangkan saja jika barang yang sudah dipesan pelanggan melalui sistem pre-order nggak kunjung datang karena ada masalah pada logistik, tentu akan menurunkan tingkat kepuasan mereka.


6 Jenis Layanan Logistik

Layanan logistik ada bermacam-macam jenisnya dan nggak hanya terbatas pada pengiriman. Poin-poin di bawah ini akan menjelaskan beberapa jenis layanan logistik yang kerap digunakan.

1. Gudang

Layanan gudang menyediakan fasilitas penyimpanan barang sebelum dikirimkan ke tujuan. Jenis layanan yang satu ini sangat diperlukan dalam pengiriman jarak jauh. Sebab, biasanya barang perlu transit di beberapa titik menuju lokasi tujuan.

Beberapa perusahaan memiliki gudang penyimpanan barangnya sendiri. Ini bisa berupa perusahaan yang memproduksi barang atau bisa juga berupa perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang. Namun, ada juga layanan gudang yang dikelola oleh pihak ketiga.

2. Bongkar muat pelabuhan

Selanjutnya ada layanan bongkar muat pelabuhan. Layanan ini cukup kompleks karena menawarkan beberapa service sekaligus. Namun, tentu saja layanan utamanya adalah bongkar muat dari/atau ke kapal. Selain itu, ada juga layanan cargo handling untuk menyimpan barang yang turun dari kapal sebelum dikirimkan kepada penerima. Layanan ini juga menyediakan fasilitas penyimpanan sebelum barang dikirimkan dengan kapal.

3. Kargo

Kargo merupakan layanan pengiriman muatan barang dengan kendaraan, baik itu berupa truk atau kereta api (jalur darat), maupun kapal (jalur laut) dan pesawat terbang (jalur udara). Biasanya, kargo digunakan untuk mengirimkan barang dalam jumlah banyak atau yang memang ukurannya besar.

Untuk kargo jalur darat dengan truk, terbagi menjadi dua jenis yang bernama FTL (Full Truck Load) dan LTL (Less Than Truck Load). FTL biasanya digunakan oleh satu perusahaan untuk mengirimkan produk-produknya. Sedangkan pada LTL, satu unit truk akan mengangkut beberapa jenis barang sekaligus sehingga pengiriman pun tetap efisien.

4. Kurir

Layanan logistik yang satu ini biasanya umum dipakai oleh para pemilik bisnis online. Melalui layanan pengiriman kurir, pemilik bisnis online bisa mengirim paket ke pelanggan. Penjual pun nggak perlu lagi mengirim sendiri pesanan pelanggan, sehingga sangat praktis dan hemat waktu.

Nah, buat yang sedang merintis bisnis online sendiri, kamu juga sebaiknya memanfaatkan layanan kurir untuk mengirim orderan. Sebelum kirim paket, kamu perlu cek ongkos kirim dulu agar pelanggan tahu total biaya yang harus dibayar. Kini, mengecek ongkos kirim jadi lebih mudah dengan aplikasi Selly tanpa harus bolak-balik buka browser. Lewat fitur Cek Ongkos Kirim Selly, kamu bisa langsung tahu ongkos kirim menggunakan keyboard!

5. Layanan logistik udara

Sesuai namanya, layanan ini menyediakan logistik melalui jalur udara. Layanan udara atau air freight service menjadi favorit banyak pemilik bisnis online karena menawarkan kecepatan dan volume pengiriman besar. Itu berarti, kamu bisa menghemat lebih banyak waktu jika menggunakan layanan logistik melalui jalur udara ini.

6. Layanan logistik laut

Terakhir ada layanan melalui laut atau sea freight service. Layanan ini menerima pengiriman melalui jalur laut dengan kapal. Meski nggak secepat air freight servicesea freight service masih ramai peminat karena jangkauannya yang luas. Kamu bisa mengirim paket dengan kapal laut ke luar negeri, bahkan ke negara yang ada di benua lain. Selain itu, biayanya pun relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan layanan melalui laut.


Dari keenam layanan logistik di atas, kamu sudah pernah coba yang mana, nih? Kalau kamu memang lebih sering memanfaatkan layanan kurir, jangan lupa download aplikasi Selly, ya! Selain menyediakan fitur Cek Ongkos Kirim yang super praktis, kamu juga bisa menemukan fitur Auto Text untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan juga Kirim Tagihan untuk menyelesaikan transaksi pembayaran tertunda.

Sumber : https://www.selly.id/blog/layanan-logistik/

Bersama

PT. Jasa Konsultan Keuangan

PT. Jasa Laporan Keuangan

PT. BlockMoney BlockChain Indonesia

“Selamat Datang di Masa Depan”

Smart Way to Accounting Solutions

Bidang Usaha / jasa:

– Accounting Service

– Peningkatan Profit Bisnis (Increased Profit Business Service)

– Pemeriksaan Pengelolaan (Management Keuangan Dan Akuntansi, Due Diligent)

– Konsultan Pajak (Tax Consultant)

– Studi Kelayakan (Feasibility Study)

– Projek Proposal / Media Pembiayaan

– Pembuatan Perusahaan Baru

– Jasa Digital Marketing (DIMA)

– Jasa Digital Ekosistem (DEKO)

– Jasa Digital Ekonomi (DEMI)

– 10 Peta Uang Blockchain

Hubungi: Widi Prihartanadi / Sintia Duwi Puspitasari :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

Email: headoffice@jasakonsultankeuangan.co.id

cc:

jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com

jasakonsultankeuangan.co.id

WebSite :

https://jasakonsultankeuangan.co.id/

https://marineconstruction.co.id/

https://g.page/jasa-konsultan-keuangan-jakarta?share

Sosial media:

https://www.instagram.com/p/B5RzPj4pVSi/?igshid=vsx6b77vc8wn/

https://www.facebook.com/JasaKonsultanKeuanganIndonesia

https://linkedin.com/in/jasa-konsultan-keuangan-76b21310b

Digital Ekosistem (DEKO) Web Komunitas (WebKom) PT JKK Digital:

Platform komunitas corporate blockchain industri keuangan

#JasaKonsultanKeuangan #BlockMoney #jasalaporankeuangan

#JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi #jkkdigital #jkkgroup

#sumberrayadatasolusi #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama

#blockmoneyindonesia #marinecontruction #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan

#jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi #Accountingservice #Tax #Audit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BlockMoney BlockChain Indonesia