Apa Itu Smart Contract dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Smart contract merupakan sebuah istilah yang digunakan ketika adanya kedua belah pihak yang melakukan kontrak secara otomatis yang ada di dalam sistem blockchain. Seluruh transaksi yang dilakukan di dalam smart contract atau kontrak pintar tersebut juga akan langsung diproses oleh blockchain tanpa adanya pihak ketiga yang ikut terlibat.Apa Itu Smart Contract dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sosok di Balik Smart Contract

Smart contract atau kontrak pintar ini pertama kali dibuat pada tahun 1994 oleh seorang kriptografer, yaitu Nick Szabo. Pada awalnya, smart contract ini sendiri dibuat oleh Nick Szabo ketika ia sedang menggunakan kontrak pintar agar dapat merekam kontrak dalam bentuk kode komputer. Kontrak ini sendiri akan aktif secara otomatis nantinya jika kondisi yang tertera atau tertulis di dalamnya sudah terpenuhi.

Nick Szabo sendiri membuat smart contract ini sendiri dengan tujuan agar segala proses transaksi yang ada dapat langsung dilakukan tanpa adanya pihak ketiga, seperti pengacara, pihak bank, maupun perantara lainnya. Smart contract atau kontrak pintar ini sendiri nantinya akan dijalankan secara otomatis melalui jaringan terpercaya dan sepenuhnya dikendalikan oleh komputer.

Sebagai pencetus atau pembuat awal dari kontrak pintar ini, Nick Szabo juga membuat sebuah buku dengan judul “Smart Contracts: Building Blocks for Digital Free Markets” dimana di dalamnya ia membahas dan menuangkan ide awal bagaimana kontrak pintar tersebut bisa dibuat olehnya.

Hingga 15 tahun kemudian, di tahun 2009, Bitcoin juga mulai memperkenalkan teknologi Blockchain. Teknologi blockchain sendiri diperkenalkan pertama kali oleh Satoshi Nakamoto yang merupakan pencetus dari Bitcoin yang hingga saat ini identitas aslinya masih belum diketahui oleh publik.

Kemudian, teknologi blockchain yang ada tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Vitalik Buterin yang merupakan pemuda jenius untuk merealisasikan smart contract atau kontrak pintar yang ada saat ini. Hal ini dilakukan agar smart contract yang ada dapat diterapkan dan digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di dunia nyata.

Serta pada tahun 2015, kontrak pintar dengan segala keunggulannya juga ikut diperkenalkan oleh Ethereum.

Cara Kerja Smart Contract

Agar dapat dengan mudah dipahami oleh Grameds, berikut ini ilustrasi sederhana bagaimana cara kerja dari smart contract atau kontrak pintar yang ada.

Pada suatu hari, terdapat dua orang yang akan melakukan proses transaksi jual beli rumah. Dimana, kedua belah pihak tersebut kemudian menggunakan kontrak pintar yang ada pada blockchain Ethereum untuk membuat perjanjian terkait transaksi tersebut.

Kontrak pintar yang telah dibuat tersebut memiliki isi kesepakatan yang telah kedua belah pihak buat sebelumnya dalam transaksi jual beli rumah ini.

Isi kesepakatan yang ada tersebut secara sederhana, sebagai berikut.

“Ketika pihak pembeli telah membayar pihak penjual sebesar 300 Ether, maka saat itulah pihak pembeli akan menerima hak kepemilikan atas rumah yang telah menjadi kesepakatan.:

Berdasarkan isi kontrak pintar tersebut yang sebelumnya telah dibuat di dalam blockchain Ethereum, maka pihak pembeli dapat menerima rumah yang ingin dibeli dari pihak penjual setelah membayar sebesar 300 Ether kepada pihak penjual tersebut.

Kontrak yang telah dibuat sendiri sudah tidak dapat lagi diubah. Sehingga kontrak pintar yang ketentuannya telah terpenuhi akan dengan otomatis diproses. Dengan adanya smart contract ini, sangat mempermudah kedua belah pihak, karena tidak membutuhkan pihak ketiga seperti broker, bank, maupun pemerintah dalam melakukan proses transaksi. Adanya teknologi blockchain ini sendiri juga membuat proses transaksi yang dilakukan dapat berjalan dengan aman karena di proses secara otomatis.

Kontrak pintar atau smart contract yang ada sendiri dapat berjalan secara mandiri maupun bersama dengan kontrak pintar lainnya. Dimana jika sebuah kontrak pintar yang dijalankan bersamaan dengan kontrak pintar lainnya, maka saat kontrak pertama telah berhasil diselesaikan, maka akan memunculkan berbagai kontrak lain yang berhubungan dengan perjanjian tersebut.

Sumber : https://www.gramedia.com/best-seller/smart-contract/

Bersama

PT. Jasa Konsultan Keuangan

PT. Jasa Laporan Keuangan

PT. BlockMoney BlockChain Indonesia

“Selamat Datang di Masa Depan”

Smart Way to Accounting Solutions

Bidang Usaha / jasa:

– Accounting Service

– Peningkatan Profit Bisnis (Increased Profit Business Service)

– Pemeriksaan Pengelolaan (Management Keuangan Dan Akuntansi, Due Diligent)

– Konsultan Pajak (Tax Consultant)

– Studi Kelayakan (Feasibility Study)

– Projek Proposal / Media Pembiayaan

– Pembuatan Perusahaan Baru

– Jasa Digital Marketing (DIMA)

– Jasa Digital Ekosistem (DEKO)

– Jasa Digital Ekonomi (DEMI)

– 10 Peta Uang Blockchain

Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

Email: headoffice@jasakonsultankeuangan.co.id

cc:

jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com

jasakonsultankeuangan.co.id

WebSite :

https://jasakonsultankeuangan.co.id/

https://marineconstruction.co.id/

https://g.page/jasa-konsultan-keuangan-jakarta?share

Sosial media:

https://www.instagram.com/p/B5RzPj4pVSi/?igshid=vsx6b77vc8wn/

https://www.facebook.com/JasaKonsultanKeuanganIndonesia

https://linkedin.com/in/jasa-konsultan-keuangan-76b21310b

Digital Ekosistem (DEKO) Web Komunitas (WebKom) PT JKK Digital:

Platform komunitas corporate blockchain industri keuangan

#JasaKonsultanKeuangan #BlockMoney #jasalaporankeuangan

#JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi #jkkdigital #jkkgroup

#sumberrayadatasolusi #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama

#blockmoneyindonesia #marinecontruction #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan

#jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi #Accountingservice #Tax #Audit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BlockMoney BlockChain Indonesia