Bagaimana Teknologi Mampu Bantu Industri Ritel Tingkatkan Customer Experience di Era Digital?

Transformasi bisnis digital dapat membantu industri ritel berinovasi sehingga mereka mampu menciptakan pengalaman luar biasa bersama pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Namun, transformasi digital bisa juga memperlebar jurang antara pemimpin bisnis dengan mereka yang lambat dalam beradapatasi dengan perubahan. 

Karenanya, 2022 menjadi tahun yang tepat bagi para pelaku ritel untuk  melakukan perubahan agar dapat bertahan di era digital. Salah satunya adalah dengan implementasi teknologi sistem informasi pada industri ritel. Lantas, apa saja tantangan yang dihadapi industri ritel? Mengapa teknologi sistem informasi pada industri ritel penting? Lengkapnya, simak artikel berikut. 

Apa Saja Tantangan yang Dihadapi Industri Ritel?

Industri ritel adalah aktivitas bisnis yang melibatkan penjualan barang dan jasa secara langsung kepada end user. Pada perkembangannya, industri ritel di Indonesia mulai bertransformasi dari ritel tradisional menuju ritel modern.  

Menurut laporan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO),  industri ritel modern di era pandemi pada tahun 2021-2022 merosot hingga 80%. Hal ini tidak terlepas dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menyulitkan customer berpergian ke toko maupun karyawan dalam menjalankan operasional bisnis. 

Perubahan pola konsumsi masyarakat yang mengandalkan online dan para pelaku bisnis yang bergantung pada aktivitas jarak jauh memberikan dampak terhadap industri ritel dalam memanfaatkan teknologi sistem informasi sebagai penunjang kegiatan bisnis. 

Transformasi digital tidak akan terjadi dalam waktu sehari atau dua hari, tetapi harus dilakukan secara bertahap dan menyeluruh.  

Oleh karena itu, bisnis yang ingin melakukan transformasi digital juga harus melakukan transformasi bisnis dengan melakukan perubahan terhadap operasional bisnis supaya bisa benar-benar selaras dengan perkembangan teknologi digital dan kebutuhan konsumen. 

Berbicara soal kebutuhan konsumen, bisnis pun harus mampu menempatkan diri mereka di posisi konsumen. Artinya, bisnis perlu memahami kira-kira apa saja hal yang dibutuhkan konsumen kini dan nanti.  

Selanjutnya, transformasi digital dalam sisi konsumen juga berarti adanya perubahan yang cukup signifikan perihal customer experience. Ini juga yang harus jadi perhatian para pelaku bisnis agar konsumen bisa tetap nyaman memakai produk atau jasa yang ditawarkan. 

4 Cara Adaptasi Industri Ritel di Era Digital

Pelaku retail yang cerdas bukan hanya tentang memiliki data yang tepat tetapi juga memiliki kemampuan untuk menerapkan data itu, bekerja lebih cerdas, dan memberikan hasil yang lebih baik bagi pelanggan. Agar tetap kompetitif, pelaku retail membutuhkan sistem untuk memanfaatkan teknologi mutakhir secara efektif dan nantinya dapat meningkatkan customer experience pelanggan mereka. 

Berikut empat cara dan jenis teknologi yang perlu diterapkan industri ritel untuk hadapi era digital dan mengoptimalkan customer experience, menurut Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO)

1. Data yang Lebih Komprehensif

Dengan banyaknya platform penjualan yang digunakan, berarti ada banyak data yang bisa dikumpulkan dan dianalisis untuk lebih memahami pelanggan. Semakin banyak informasi yang terkumpul, Anda akan semakin mudah memahami target audiens mulai dari demografi, perilaku, kebiasaan, dan preferensi mereka. 

2. Membuat Strategi untuk Audiens yang Spesifik

Dengan kemudahan untuk menganalisis data konsumen dan transaksi, Anda akan lebih mudah menyusun strategi yang tepat untuk tiap kelompok audiens.  

Misalnya untuk pelanggan yang sering membeli satu tipe produk, Anda bisa menambah stok barang yang tersedia di toko sehingga Anda bisa mendapatkan margin pendapatan yang lebih tinggi.  

3. Infrastruktur IT Terintegrasi 

Mengintegrasikan berbagai infrastruktur IT memudahkan mengelola dan memantau penjualan di toko offline atau online lewat satu saluran.  

Apabila tadinya Anda harus memantau dan melayani transaksi satu per satu dengan platform yang berbeda-beda, dengan teknologi Anda bisa mengelolanya lewat satu saluran sehingga lebih efisien. Sehingga, Anda bisa melayani konsumen dengan lebih efektif tanpa memakan bayak waktu. 

4. Berikan Pengalaman yang Lebih Menyenangkan Bagi Konsumen

Teknologi didesain untuk membantu memberikan pengalaman yang maksimal bagi konsumen. Saat ini, konsumen memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap pengalaman berbelanja mereka. Mereka ingin bisa mencari produk yang ingin mereka beli dengan mudah dan tentunya aman untuk digunakan.  

Dari keempat cara tersebut Anda sudah paham bahwa peningkatan customer experience adalah syarat mutlak bagi industri ritel bertahan di era digital. Adopsi teknologi yang tepat menjadi penting bagi pelaku industri, berikut beberapa solusi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan customer experience dengan sistem terintegrasi dan aman. 

Sumber : https://www.helios.id/blog/detail/bagaimana-teknologi-mampu-bantu-industri-ritel-tingkatkan-customer-experience-di-era-digital

Bersama

PT. Jasa Konsultan Keuangan

PT. Jasa Laporan Keuangan

PT. BlockMoney BlockChain Indonesia

“Selamat Datang di Masa Depan”

Smart Way to Accounting Solutions

Bidang Usaha / jasa:

– Accounting Service

– Peningkatan Profit Bisnis (Increased Profit Business Service)

– Pemeriksaan Pengelolaan (Management Keuangan Dan Akuntansi, Due Diligent)

– Konsultan Pajak (Tax Consultant)

– Studi Kelayakan (Feasibility Study)

– Projek Proposal / Media Pembiayaan

– Pembuatan Perusahaan Baru

– Jasa Digital Marketing (DIMA)

– Jasa Digital Ekosistem (DEKO)

– Jasa Digital Ekonomi (DEMI)

– 10 Peta Uang Blockchain

Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

Email: headoffice@jasakonsultankeuangan.co.id

cc:

jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com

jasakonsultankeuangan.co.id

WebSite :

https://jasakonsultankeuangan.co.id/

https://marineconstruction.co.id/

https://g.page/jasa-konsultan-keuangan-jakarta?share

Sosial media:

https://www.instagram.com/p/B5RzPj4pVSi/?igshid=vsx6b77vc8wn/

https://www.facebook.com/JasaKonsultanKeuanganIndonesia

https://linkedin.com/in/jasa-konsultan-keuangan-76b21310b

Digital Ekosistem (DEKO) Web Komunitas (WebKom) PT JKK Digital:

Platform komunitas corporate blockchain industri keuangan

#JasaKonsultanKeuangan #BlockMoney #jasalaporankeuangan

#JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi #jkkdigital #jkkgroup

#sumberrayadatasolusi #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama

#blockmoneyindonesia #marinecontruction #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan

#jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi #Accountingservice #Tax #Audit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BlockMoney BlockChain Indonesia