Harmonisasi Pola Hidup Masyarakat dengan Objek Digitalisasi

Digitalisasi dalam keseharian manusia hampir tidak bisa dipisahkan. Kini, orang bekerja, sekolah, berbelanja, hingga menggunakan transportasi membutuhkan akses internet sebagai dasar pelaksanaannya.

Digitalisasi bermakna proses pemberian atau pemakaian sistem digital. Artinya, dalam setiap lini kehidupan tidak terlepas dari aspek digital. Itulah yang menjadi fenomena masyarakat Indonesia bahkan dunia saat ini.

Pemanfaatan internet sebagai akses dasar digital membuktikan adanya kemajuan multisektor. Kemajuan yang dirasakan sebagian besar masyarakat ialah kemudahan dalam layanan publik, pelaksanaan tata kelola pekerjaan, bahkan aktivitas yang bersifat individual.

Akselerasi digital telah menggeser pola hidup masyarakat dari tradisional ke arah modern-transformasional. Sebagai contoh, di masa pandemi seperti sekarang, masyarakat bisa mendaftar vaksinasi melalui berbagai kanal digital berdasarkan wilayah regional. Dengan akses tersebut, penyebarluasan vaksin akan lebih efektif di berbagai daerah.

Pelaksanaan tata kelola publik pun semakin efektif dan efisien dengan mengadopsi sistem digital. Seperti perekaman KTP elektronik, pembukaan rekening bank, pembayaran pajak, dan lain-lain.

Beragam metode digitalisasi itu berdampak positif terhadap kemahiran berkomunikasi masyarakat. Jika dahulu masyarakat hanya mengenal ponsel pintar sebagai penghubung suara dan video, kini bisa juga untuk rapat, membuat konten digital, berniaga, bahkan alat panduan medis. Lewat aplikasi yang tersedia, masyarakat bebas merasakan kegunaannya.

Segenap fungsi profesional di atas membuktikan bahwa dunia telah bertransformasi menjadi serba digital. Dampak industri digital terasa erat seperti dikemukakan Daeng (2008: 73), “Pelbagai peralatan canggih bagian tak terpisahkan, bahkan sangat menentukan atau memaksa kita mengatur pola hidup sesuai dengan kehadirannya, kebiasaan, makanan, pakaian, pikiran, dan lain sebagainya”.

Kebiasaan masyarakat mengonsumsi akses digital ditopang secara didaktis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Gerakan Nasional Literasi Digital. Gerakan ini bertujuan mendidik masyarakat untuk mengerti penggunaan wadah digital. Lewat rangkaian acara yang panjang, gerakan ini hadir di seluruh pelosok Nusantara agar warga negara kita memperoleh kesamaan pemahaman digital.

Salah satu pilar utama gerakan nasional literasi digital adalah literasi budaya digital (digital ethic). Konsep ini dicanangkan agar masyarakat bisa mendampingi budaya digital secara bijaksana, objektif, dan selektif.

Dari laman kominfo.go.id, disebutkan bahwa Sekjen APJII Henri Kasyfi Soemartono menjelaskan hasil utama dari survei Pengguna Internet Indonesia 2019-2020. Yakni saat ini penetrasi pengguna internet Indonesia berjumlah 73,7 persen, naik dari 64,8 persen dari tahun 2018. Angka positif untuk kemajuan digitalisasi dalam pola kehidupan masyarakat.

Menciptakan Masyarakat Digital yang Literat Lewat Produk Digital

Pada dekade lalu barangkali masyarakat kita belum berkonsentrasi pada mekanisme digitalisasi. Akan tetapi, seiring kemajuan teknologi, kini masyarakat terbilang akrab berdampingan dengan akses digital.

Beberapa kemajuan yang signifikan dirasakan oleh sektor Pendidikan. Kehadiran aplikasi belajar mengakselerasikan proses transfer ilmu pengetahuan menjadi lebih cepat. Dunia pendidikan tidak lagi terkurung oleh sarana yang minim, akan tetapi, jendela ilmu pengetahuan bisa diperoleh lewat genggaman.

Telkom sebagai Badan yang menaungi telekomunikasi telah memberikan sumbangsih terbesar akselerasi digital. Dari laman instagram @telkomindonesia, kita mengetahui lima produk digital Telkom yang dikemas untuk menunjang kebutuhan masyarakat menghadapi era baru. Lima produk digital tersebut yakni Sakoo, Alodokter, MaxStream, CloudX, dan LinkAja. Hadirnya produk digital diharapkan membantu percepatan literasi digital masyarakat lewat kegunaan dan manfaat di dalam platform tersebut.

Menilik lebih ke akar rumput, Telkom juga memfasilitasi bidang pertanian. Terdapat tiga start up yang hadir mendampingi gerak pertumbuhan hasil tani di bumi pertiwi di antaranya BIOPS Agritekno, Habibi Garden, serta Panenmart. Ketiganya punya visi yang sama yaitu meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia.

Produk digital berbasis kebutuhan masyarakat itu penting untuk dipahami sebagai bagian tak terpisahkan dari keseharian. Revolusi industri 5.0 digadang-gadang akan tercipta dalam waktu dekat. Oleh karena itu, melek digital adalah kunci menciptakan peradaban digital yang harmonis.

Sumber : https://digitalbisa.id/

Bersama

PT. Jasa Konsultan Keuangan

PT. Jasa Laporan Keuangan

PT. BlockMoney BlockChain Indonesia

“Selamat Datang di Masa Depan”

Smart Way to Accounting Solutions

Bidang Usaha / jasa:

– Accounting Service

– Peningkatan Profit Bisnis (Increased Profit Business Service)

– Pemeriksaan Pengelolaan (Management Keuangan Dan Akuntansi, Due Diligent)

– Konsultan Pajak (Tax Consultant)

– Studi Kelayakan (Feasibility Study)

– Projek Proposal / Media Pembiayaan

– Pembuatan Perusahaan Baru

– Jasa Digital Marketing (DIMA)

– Jasa Digital Ekosistem (DEKO)

– Jasa Digital Ekonomi (DEMI)

– 10 Peta Uang Blockchain

Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

Email: headoffice@jasakonsultankeuangan.co.id

cc:

jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com

jasakonsultankeuangan.co.id

Hubungi: Widi Prihartanadi / Risky Asyhari :0813 8070 0057 / 0811 80 411 57

WebSite :

https://jasakonsultankeuangan.co.id/

https://jejaringlayanankeuangan.co.id/

https://skkpindotama.co.id/

https://marineconstruction.co.id/

https://g.page/jasa-konsultan-keuangan-jakarta?share

Sosial media:

https://www.instagram.com/p/B5RzPj4pVSi/?igshid=vsx6b77vc8wn/

https://www.facebook.com/JasaKonsultanKeuanganIndonesia

https://linkedin.com/in/jasa-konsultan-keuangan-76b21310b

Digital Ekosistem (DEKO) Web Komunitas (WebKom) PT JKK Digital:

Platform komunitas corporate blockchain industri keuangan

#JasaKonsultanKeuangan #BlockMoney #jasalaporankeuangan

#JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi #jkkdigital #jkkgroup

#sumberrayadatasolusi #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama

#blockmoneyindonesia #marinecontruction #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan

#jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi #Accountingservice #Tax #Audit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BlockMoney BlockChain Indonesia