5 Kriteria Makanan dan Minuman Halal, Apa Aja Ya?

Kriteria makanan dan minuman halal jadi penting banget seiring dengan meningkatnya kesadaran umat muslim di tanah air akan segala sesuatu yang kita konsumsi. Supaya tetap sesuai dengan syariat Islam, mengonsumsi yang serba halal itu wajib. Masalahnya nggak semua orang tahu kriteria makanan dan minuman halal yang tepat. Penasaran? Simak infonya di bawah ini, yuk!

Pengertian Makanan dan Minuman Halal

Apa sih yang dimaksud dengan makanan dan minuman halal? Buatmu yang bingung dan masih bimbang nggak perlu khawatir karena bisa cek penjelasan di bawah ini!

Makanan Halal

Makanan halal adalah semua jenis makanan yang boleh dikonsumsi sesuai dengan ketentuan syari’at Islam. Bentuknya bisa beragam mulai dari binatang, buah-buahan, sayuran dan tumbuhan lain, kecuali jika ada hadist atau penjelasan Al-Quran yang menjelaskan larangannya. Ketika suatu makanan itu haram biasanya karena ada keburukan atau mudharat jika dimakan.

Minuman Halal

Hampir sama dengan makanan halal, minuman halal adalah sejumlah jenis minuman atau bisa juga cairan yang biasa dikonsumi yang diperbolehkan dalam syariat Islam. Bentuknya bisa berupa air bening, berwarna dan dari asalnya juga menyesuaikan. Kamu boleh mengkonsumsinya kecuali jika ada hadist atau penjelasan Al-Quran yang melarangmu untuk meminumnya.

Kriteria Makanan dan Minuman Halal

Makanan dan minuman itu termasuk halal kalau sudah memenuhi lima kriteria. Jangan sampai salah, ini dia lima kriteria yang harus dipenuhi:

1. Wujud dan Kandungannya Halal

Pada dasarnya semua makanan dan minuman itu halal. Kecuali yang disebut di dalam Al-Qur’an dan sunnah dari Rasul. Daging hewan yang sudah berupa bangkai (sudah ditemukan dalam keadaan mati), masih ada darah, daging babi, tercekik, terpukul, jatuh, ditanduk, bekas terkaman binatang buas, dan yang disembelih atas nama selain Allah termasuk haram.

Kondisi makanan juga harus bersih dan tidak dalam keadaan menjijikkan. Bukan tanpa alasan, karena jelas ini bakal membahayakan kesehatan kita. Jadi meskipun makanan itu adalah tahu goreng yang diproses dengan halal, tapi sudah dalam keadaan kotor dan basi, maka tahu tersebut sudah menjadi haram.

2. Cara Mendapatkannya Halal

Makanan dan minuman dari ketentuan syariat Islam akan dianggap hala kalau cara mendapatkannya juga halal. Maksudnya adalah makanan jadi atau bahan makanan yang dibelai dengan uang hasil jerih payah bekerja di jalan yang benar.

Misalnya saja seseorang mendapatkan uang dari hasil menipu, riba, mencuri, sampai korupsi, jelas ini adalah pekerjaan yang diharamkan oleh Allah. Meskipun makanan yang dibeli adalah telur ayam yang diolah dengan cara yang higienis dan halal, tapi jadinya sudah tidak halal lagi.

3. Cara Memproses dan Memasaknya Halal

Syariat Islam punya aturan tersendiri untuk menyembelih hewan. Karena itu keberadaan peternakan dan pemasok daging sapi, ayam, dan unggas yang halal itu penting banget. Jadi kita tahu apa yang masuk ke dalam perut kita itu halal dari proses awalnya.

Selain cara menyembelih yang harus tepat, cara memasaknya pun harus sesuai ketentuan Islam. Daging ikan gurami itu halal, tapi kalau diperciki dengan minyak babi ya sudah tentu jadi haram. Atau sayur-sayuran yang aman dikonsumsi dan menyehatkan itu jelas halal. Tapi ditumis dengan minyak babi, tentu hasil akhirnya jadi sajian haram.

4. Cara Penyajiannya Halal

Bagaimana cara menyajikan makanan dan minuman yang halal? Tentu saja dengan cara yang bersih dan rapi. Makanan harus ditutup apabila belum akan disantap. Kalau terbuka, bisa saja ada kotoran yang menempel dan kualitas makanan sudah jadi nggak sehat seperti semula. Penyimpanan bahan makanan dan makanan matang juga penting untuk menjaga kualitas halalnya.

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga melarang penggunaan alat makan yang dilapis dengan emas. Jadi makanan yang disajikan di atas piring dan mangkok emas, serta sendok dan garpu emas itu diharamkan. Begitu juga dengan minuman yang dituangkan ke dalam gelas emas.

Lalu bagaimana dengan makanan yang dilapis dengan emas? Saat ini ada banyak inovasi dari koko dunia yang menggunakan emas pada makanan mereka. Misalnya saja coklat. Tentu saja ini juga dianggap haram, sesuai dengan apa yang disampaikan Rasul.

5. Jadi Baik dan Bermanfaat untuk Tubuh

Makanan dan minuman yang halal punya kriteria yakni bisa membuat konsumennya menjadi lebih baik dan sehat tubuhnya. Hal ini maksudnya adalah makanan yang dikonsumsi nantinya nggak bakalan memberikan mudharat atau penyakit bagi para konsumennya. Itulah mengapa makanan itu bagus dan dilabeli halal untuk dikonsumsi.

Jenis-jenis Makanan dan Minuman Halal

Kamu ragu untuk mengkonsumsi makanan dan minuman mana yang halal? Jangan khawatir karena kamu bisa langsung cek jenis dan penjelasannya di bawah ini:

Makanan Halal

Makanan disebut halal jika berasal dari bahan-bahan alami dan tidak melalui proses pengolahan yang dilarang agama. Selain itu, makanan juga harus terbebas dari campuran bahan haram seperti alkohol. Makanan halal juga ada yang harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu dan sebaiknya tidak dikonsumsi mentah, seperti binatang yang disembelih, makanan kemasan, serta makanan beku.

Babi merupakan bahan makanan yang jelas diharamkan, termasuk segala jenis kandungannya selain daging, lemak, serta jeroan. Bulu babi misalnya, juga diharamkan. Jika ada penjual makanan menggunakan kuas untuk mengoles yang berbahan dasar bulu dari hewan babi, maka makanan yang diolah menjadi haram.

Kulit babi yang dijadikan kerupuk rambak maupun selongsong sosis juga diharamkan. Begitu juga dengan tulang babi meski sudah diekstrasi dan hanya diambil kandungan kalsiumnya saja. Selain babi, ternyata masih ada beberapa jenis makanan yang dikategorikan haram, seperti hewan yang disembelih tanpa menyebut nama Allah dan mati tanpa disembelih atau mati dalam kondisi mengenaskan.

Selain itu ada juga darah hewan, meski berasal dari hewan yang halal seperti sapi, kambing atau ayam. Hewan-hewan buas juga diharamkan dikonsumsi, sekali pun disembelih dengan tata cara Islam. Ciri hewan buas adalah yang memiliki taring dan cakar serta makan daging, seperti serigala, harimau, singa, dan lain-lain.

Sumber : https://www.blibli.com/friends/blog/kriteria-makanan-dan-minuman-halal-20/

Bersama

PT. Jasa Konsultan Keuangan

PT. Jasa Laporan Keuangan

PT. BlockMoney BlockChain Indonesia

“Selamat Datang di Masa Depan”

Smart Way to Accounting Solutions

Bidang Usaha / jasa:

– Accounting Service

– Peningkatan Profit Bisnis (Increased Profit Business Service)

– Pemeriksaan Pengelolaan (Management Keuangan Dan Akuntansi, Due Diligent)

– Konsultan Pajak (Tax Consultant)

– Studi Kelayakan (Feasibility Study)

– Projek Proposal / Media Pembiayaan

– Pembuatan Perusahaan Baru

– Jasa Digital Marketing (DIMA)

– Jasa Digital Ekosistem (DEKO)

– Jasa Digital Ekonomi (DEMI)

– 10 Peta Uang Blockchain

Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

Email: headoffice@jasakonsultankeuangan.co.id

cc:

jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com

jasakonsultankeuangan.co.id

WebSite :

https://jasakonsultankeuangan.co.id/

https://jasakonsultankeuangan.com/

https://marineconstruction.co.id/

https://g.page/jasa-konsultan-keuangan-jakarta?share

Sosial media:

https://www.instagram.com/p/B5RzPj4pVSi/?igshid=vsx6b77vc8wn/

https://www.facebook.com/JasaKonsultanKeuanganIndonesia

https://linkedin.com/in/jasa-konsultan-keuangan-76b21310b

Digital Ekosistem (DEKO) Web Komunitas (WebKom) PT JKK Digital:

Platform komunitas corporate blockchain industri keuangan

#JasaKonsultanKeuangan #BlockMoney #jasalaporankeuangan

#JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi #jkkdigital #jkkgroup

#sumberrayadatasolusi #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama

#blockmoneyindonesia #marinecontruction #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan

#jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi #Accountingservice #Tax #Audit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BlockMoney BlockChain Indonesia