7 Pilihan minuman herbal untuk sehatkan badan

Dari jahe hingga bunga dandelion, berikut  ini pilihan minuman herbal yang bisa Anda coba di rumah

:

1. Wedang jahe

Minuman herbal yang mungkin paling sering disajikan orang Indonesia adalah wedang jahe. Minuman ini pada dasarnya memang mudah dibuat, yakni dengan hanya merebus jahe berkualitas yang bisa Anda dapatkan di pasar terdekat. Untuk memberi sedikit rasa, Anda bisa menambahkan perasan lemon, jeruk nipis, atau madu.

Wedang jahe mengantongi beragam molekul antioksidan untuk tangkal penyakit. Rebusan jahe  ini pun memiliki sifat antiradang, merangsang sistem imun, serta dikenal ampuh untuk mengatasi mual dan meredakan nyeri akibat menstruasi. Tak sampai di situ, wedang jahe juga memiliki potensi untuk mencegah tukak lambung dan meredakan sembelit.

Apabila Anda sedang hamil dan ingin menyesap wedang jahe, Anda sangat dianjurkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sebab, konsumsi jahe dosis tinggi dikaitkan dengan risiko keguguran pada ibu hamil.

2. Rebusan kembang sepatu

Beberapa masyarakat di Indonesia mungkin sudah akrab dengan rebusan atau teh kembang sepatu. Apabila masih awam bagi Anda, air rebusan kembang sepatu merupakan minuman herbal yang juga kaya khasiat. Misalnya, bunga kembang sepatu disebutkan memiliki efek antivirus, walau riset lanjutan memang masih diperlukan.

Potensi khasiat lain dari rebusan kembang sepatu adalah efeknya untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, rebusan bunga ini juga memiliki potensi manfaat untuk mengurangi tekanan oksidatif di dalam tubuh.

Penting untuk diingat bahwa rebusan kembang sepatu bisa berinteraksi dengan obat lain, seperti obat diuretik hydrochlorothiazide serta aspirin.

3. Wedang sereh

Rasa dan aroma sereh yang unik membuatnya sering dikonsumsi sebagai minuman herbal. Minuman ini memiliki beragam efek positif yang mengagumkan, seperti efek antioksidan, antimikroba, hingga anti-peradangan.

Beberapa laporan menyebutkan bahwa wedang sereh berpotensi untuk menurunkan risiko kanker. Apabila Anda sedang menjalani diet, konsumsi rutin wedang sereh layak dicoba karena memiliki efek diuretik dan berpotensi untuk turunkan berat badan.

Membuat wedang sereh pun sama seperti wedang jahe, yakni dengan merebus sereh selama beberapa menit. Untuk menghindari konsumsi berlebihan, Anda bisa meminumnya sehari sekali saja.

4. Wedang kunyit

Minuman herbal lain yang diyakini memiliki efek positif untuk imun adalah wedang kunyit. Air rebusan parutan kunyit ini memang memiliki efek antioksidan plus mengendalikan peradangan. Sifat anti-peradangan dari kandungan kurkumanya juga dikaitkan untuk meredakan nyeri dan pembengkakan yang muncul akibat radang sendi (arthritis).

Di antara banyak manfaat dari wedang kunyit lainnya, salah satu yang mungkin menggugah untuk Anda adalah efek kontrolnya terhadap kolesterol. Dalam sebuah riset yang dimuat dalam Journal of Clinical Immunology, kurkuma dalam kadar rendah dikaitkan dengan penurunan kolesterol jahat atau LDL dan kolesterol total.

5. Wedang kayu manis

Kayu manis sangat kaya dengan antioksidan, terutama senyawa golongan polifenol. Kekuatan antioksidan super polifenol ampuh untuk mengendalikan radikal bebas penyebab penyakit. Untuk mendapatkan manfaat kayu manis ini, Anda tinggal merebusnya plus menambahkan sedikit madu.

Wedang kayu manis juga menjadi minuman herbal yang ramah jantung. Sebab, konsumsi herbal ini dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, pengendalian trigliserida, kenaikan HDL atau kolesterol baik, serta kontrol terhadap LDL atau kolesterol jahat.

6. Rebusan dandelion

Bosan dengan minuman herbal dari rempah yang itu-itu saja? Rebusan bunga dandelion dapat menjadi pilihan menarik. Walau mungkin kurang akrab di telinga Anda, orang-orang sudah biasa menjadikan teh tanaman dandelion dari daunnya atau dari akarnya. Namun, bunganya sendiri juga bisa kita konsumsi karena tergolong sebagai edible flower.

Ada beberapa potensi khasiat dari rebusan daun atau akar dandelion. Khasiat tersebut, termasuk:

  • Menjaga kesehatan hati
  • Memiliki efek diuretik
  • Akarnya berpotensi untuk menghambat pertumbuhan kanker
  • Berpotensi untuk mencegah infeksi saluran kemih

7. Rebusan rosemary

Apabila Anda mencari alternatif minuman herbal yang tak biasa bagi masyarakat kita, maka rebusan rosemary juga patut dicoba. Rosemary, yang sering kita temukan dalam resep kuliner Barat, juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Manfaat tersebut termasuk sifat antioksidan, antikmikroba, bahkan anti peradangan.

Salah satu manfaat rosemary adalah efek menenangkannya bagi pikiran. Bahkan, penyedap rasa ini juga berpotensi untuk meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan mata, bahkan berefek positif untuk otak.

Sumber : https://www.sehatq.com/artikel/pilihan-minuman-herbal-untuk-kesehatan-dan-menangkal-penyakit

Bersama

PT. Jasa Konsultan Keuangan

PT. Jasa Laporan Keuangan

PT. BlockMoney BlockChain Indonesia

“Selamat Datang di Masa Depan”

Smart Way to Accounting Solutions

Bidang Usaha / jasa:

– Accounting Service

– Peningkatan Profit Bisnis (Increased Profit Business Service)

– Pemeriksaan Pengelolaan (Management Keuangan Dan Akuntansi, Due Diligent)

– Konsultan Pajak (Tax Consultant)

– Studi Kelayakan (Feasibility Study)

– Projek Proposal / Media Pembiayaan

– Pembuatan Perusahaan Baru

– Jasa Digital Marketing (DIMA)

– Jasa Digital Ekosistem (DEKO)

– Jasa Digital Ekonomi (DEMI)

– 10 Peta Uang Blockchain

Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

Email: headoffice@jasakonsultankeuangan.co.id

cc:

jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com

jasakonsultankeuangan.co.id

WebSite :

https://jasakonsultankeuangan.co.id/

https://marineconstruction.co.id/

https://g.page/jasa-konsultan-keuangan-jakarta?share

Sosial media:

https://www.instagram.com/p/B5RzPj4pVSi/?igshid=vsx6b77vc8wn/

https://www.facebook.com/JasaKonsultanKeuanganIndonesia

https://linkedin.com/in/jasa-konsultan-keuangan-76b21310b

Digital Ekosistem (DEKO) Web Komunitas (WebKom) PT JKK Digital:

Platform komunitas corporate blockchain industri keuangan

#JasaKonsultanKeuangan #BlockMoney #jasalaporankeuangan

#JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi #jkkdigital #jkkgroup

#sumberrayadatasolusi #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama

#blockmoneyindonesia #marinecontruction #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan

#jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi #Accountingservice #Tax #Audit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BlockMoney BlockChain Indonesia