Apa Itu Bisnis Digital, Jenis-Jenis, dan Keuntungannya

Di era modern seperti saat ini, bisnis digital menjadi sangat penting dan wajib dipelajari oleh semua wirausahawan. Sebab bisnis yang tidak mau bergerak ke dunia digital tidak akan bisa bertahan melawan arus teknologi dan persaingan dari usaha-usaha lain.

Tidak sedikit perusahaan besar yang harus tutup karena terlambat berevolusi ke dunia yang baru. Untungnya, entrepreneur baru tidak perlu mengalami ketakutan yang sama sebab rata-rata bisnis baru yang dimulai saat ini sudah pasti disertai dengan platform digital.

Berubahnya hampir semua aspek kehidupan seperti pendidikan, layanan kedokteran, hingga musik juga sudah beralih dari konvensional ke digital menjadi salah satu bukti betapa pentingnya mempelajari bidang ini. Oleh karena itu, mari kita bahas lebih lanjut tentang apa itu bisnis digital dalam artikel berikut ini.

Pengertian Bisnis Digital

Sesuai namanya, bisnis digital adalah bisnis yang memanfaatkan alat-alat digital atau dapat dikatakan sebagai bisnis yang telah digitalisasi. Dalam arti yang lebih luas, bisnis digital adalah bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menciptakan sebuah produk maupun memasarkannya.

Biasanya penjualan produk untuk usaha digital dilakukan secara online dengan memanfaatkan media-media digital terutama internet. Akan tetapi sebenarnya, bisnis ini tidak terbatas hanya menjual produk saja, tetapi juga bisa menjual jasa.

Sepanjang memanfaatkan alat-alat teknologi, maka dapat disebut sebagai bisnis digital.

Mengapa Membawa Bisnis ke Media Digital Sangat Penting?

Belakangan ini bisa kita rasakan sendiri, bisnis yang sudah beroperasi secara digital atau bisa berevolusi ke media online dengan cepat bisa bertahan di tengah pandemi yang terjadi secara mendadak. Sedangkan perusahaan-perusahaan raksasa yang tidak bisa beradaptasi langsung gugur bahkan hingga stop produksi.

Dikutip dari situs IT Pro, 8 dari 10 perusahaan di seluruh dunia beralih dengan cepat ke platform digital sejak tahun 2020. Rencana yang seharusnya direalisasikan dalam waktu 2 hingga 5 tahun ke depan, secara mendadak harus segera selesai dalam hitungan bulan jika bisnis ingin terus bertahan.

Hal tersebut menjadi tanda seberapa pentingnya membangun bisnis digital untuk segala macam produk, termasuk produk konvensional.

Saat ini, persaingan dalam bisnis di dunia digital juga semakin ketat. Baik bisnis baru maupun perusahaan raksasa berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan mereka. Bisnis-bisnis yang masih mempertahankan cara konvensional kebanyakan tidak ada yang bisa bertahan dalam waktu 1 tahun.

Dan sebagai entrepreneur muda yang kreatif, Anda harus jeli dalam melihat peluang ketika membuat pelayanan digital agar pelanggan lebih tertarik dengan pelayanan digital dari brand Anda dibandingkan di perusahaan lain.

Apa Saja Jenis-jenis Bisnis Digital?

Kebanyakan masyarakat Indonesia hanya tahu bisnis digital sebagai bisnis yang beroperasi secara online saja. Padahal, ada banyak cara operasi sebuah brand, website, atau bisnis dalam dunia digital.

Dikutip dari situs More Than Digital, setidaknya ada 11 cara operasi sebuah bisnis di bidang digital. Tapi dalam artikel ini kita hanya akan mempelajari beberapa contohnya yang paling banyak ditemukan di Indonesia saja.

Jenis Marketplace

Jenis pertama sekaligus yang paling banyak diketahui oleh masyarakat awam adalah bisnis digital dalam bentuk Marketplace. Kita semua pasti sudah pernah mendengar perusahaan-perusahaan seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli.com, dan Shopee yang sangat terkenal di berbagai kalangan masyarakat.

Marketplace sendiri adalah sebuah bisnis digital dimana pemilik bisnis menyediakan wadah atau media untuk orang lain berjualan di platform tersebut. Artinya, produk yang dibuat dalam dalam bisnis jenis ini adalah sebuah platform online agar pembeli maupun penjual bisa belanja dengan aman dan nyaman.

Kebanyakan aplikasi marketplace punya lebih banyak fitur dibandingkan e-commerce. Sebab pemilik marketplace bisa fokus mengalokasikan modal yang ia miliki untuk mengembangkan platform terbaik tanpa harus memikirkan kualitas produk fisik.

Berbeda dengan e-commerce, dimana modalnya harus dibagi antara pengembangan produk fisik yang utama dan untuk mengembangkan media digital.

Tapi, apa bedanya e-commerce dan marketplace? Kita akan bahas dalam poin yang berikutnya.

Jenis E-Commerce

Jika bisnis model marketplace hanya menyiapkan platform untuk mempertemukan penjual dan pembeli, bisnis digital jenis e-commerce ini menyediakan produk maupun sekaligus media khusus untuk menjual produk yang mereka buat.

Contohnya, perusahaan sabun mandi membuat sebuah website agar pembeli bisa memesan sabun mereka secara online di website tersebut. Atau contoh lainnya adalah restoran cepat saji yang membuat aplikasi khusus agar pelanggan bisa memesan makanan dari menu mereka lewat aplikasi tersebut secara online.

Itulah mengapa, rata-rata media digital yang digunakan dalam bentuk e-commerce punya fitur yang lebih terbatas dibandingkan marketplace. Sebab perusahaan tidak bisa memfokuskan modal mereka ke pengembangan platform digital saja.

Jenis Bisnis Subscription

Bisnis yang memanfaatkan media digital jenis ini juga sebenarnya banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sebab ada banyak bisnis yang beroperasi dengan model subscription di dalam negeri seperti Netflix, Office, Amazon Prime, Disney+, Zoom, dan masih banyak lagi.

Model bisnis ini sangat mirip seperti jaman dulu, dimana kita berlangganan koran atau majalah untuk konten yang dikirim setiap minggu hingga setiap bulan.

Bedanya, kini konten tersebut bersifat digital dan bisa dinikmati secara online tanpa harus membawa produk fisiknya kemana-mana.

Meskipun begitu, masih ada juga beberapa bisnis dengan model subscription yang menawarkan produk fisik, misalnya bisnis langganan katering online atau makanan ringan.

Bisnis Jenis Ad-supported

Pernahkah Anda berpikir darimana Facebook, Instagram, atau WhatsApp mendapatkan keuntungan? Padahal kita menggunakan layanan mereka setiap hari tanpa bayar.

Hal tersebut dikarenakan Facebook dan kebanyakan perusahaan social media lainnya adalah bisnis digital yang beroperasi secara Ad based atau Ad-supported. Artinya, mereka mendapatkan keuntungan dari setiap iklan, promosi, atau sponsor yang masuk ke perusahaan mereka.

Di Indonesia, bisnis yang beroperasi dengan cara seperti ini biasanya seperti perusahaan pemilik aplikasi berita, aplikasi komik gratis, dan aplikasi tempat berbagi video singkat.

Apa Saja Keuntungan Merambah ke Bisnis Digital?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, membawa bisnis ke dunia digital bukanlah sebuah pilihan tapi kewajiban. Namun, bukan berarti tidak ada keuntungan apapun yang bisa Anda rasakan dari evolusi bisnis konvensional ke digital.

Justru dengan jeli melihat peluang bisnis digital, Anda bisa mempercepat perkembangan sebuah brand hingga ratusan kali lipat. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh keuntungan dari membawa bisnis cara lama ke dunia digital.

Menjangkau Konsumen dari Daerah yang Lebih Luas

Dengan beroperasi secara digital, Anda bisa menjangkau konsumen yang jauh lebih luas. Dari yang awalnya hanya menjangkau wilayah dalam kota saja, dunia digital bisa membuat bisnis Anda menjangkau konsumen dari seluruh Indonesia.

Sarana pengiriman sudah bukan menjadi halangan lagi untuk mengirim produk ke seberang pulau. Sebab sudah ada banyak pilihan kurir yang bisa diajak bekerja sama untuk masalah transportasi.

Semakin luas jangkauan konsumen, maka semakin besar pula potensi penjualan dari brand Anda. Meskipun tidak akan terjadi dalam satu malam, namun keuntungan dari bisnis dalam dunia digital ini akan sangat membantu perkembangan bisnis Anda.

Membuka Pintu untuk Berinovasi

Yang terakhir, dunia digital membuka kesempatan untuk banyak brand agar bisa berinovasi dan menjual produk yang sebelumnya tidak bisa mereka lakukan.

Misalnya, perusahaan yang memproduksi alat-alat gym, kini bisa menjual juga video exercise setiap hari dengan menggunakan alat yang mereka buat. Perusahaan yang menjual gadgetsmartphone, dan mobile WiFi sekarang juga bisa menjual produknya yang sudah berisikan kuota internet, dan produk tambahan pendukung gadget tersebut.

Ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan ketika beroperasi secara digital dibandingkan secara konvensional.

Hal ini juga membuat pelanggan lebih tertarik dengan produk-produk yang Anda sediakan. Sebab apa yang akan mereka dapatkan bukan hanya yang diinginkan, tapi juga yang dibutuhkan namun tidak mereka sadari.

Seperti itulah bagaimana dampak bisnis digital untuk perkembangan sebuah perusahaan beserta cara-cara beroperasi sebuah usaha di dunia digital. Demi bisa bertahan dan terus memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen, pelajarilah dunia digital dengan sungguh-sungguh, khususnya yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Sumber : https://podomorouniversity.ac.id/apa-itu-bisnis-digital/

Bersama

PT. Jasa Konsultan Keuangan

PT. Jasa Laporan Keuangan

PT. BlockMoney BlockChain Indonesia

“Selamat Datang di Masa Depan”

Smart Way to Accounting Solutions

Bidang Usaha / jasa:

– Accounting Service

– Peningkatan Profit Bisnis (Increased Profit Business Service)

– Pemeriksaan Pengelolaan (Management Keuangan Dan Akuntansi, Due Diligent)

– Konsultan Pajak (Tax Consultant)

– Studi Kelayakan (Feasibility Study)

– Projek Proposal / Media Pembiayaan

– Pembuatan Perusahaan Baru

– Jasa Digital Marketing (DIMA)

– Jasa Digital Ekosistem (DEKO)

– Jasa Digital Ekonomi (DEMI)

– 10 Peta Uang Blockchain

Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

Email: headoffice@jasakonsultankeuangan.co.id

cc:

jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com

jasakonsultankeuangan.co.id

WebSite :

https://jasakonsultankeuangan.co.id/
https://jasakonsultankeuangan.com/
https://marineconstruction.co.id/
https://g.page/jasa-konsultan-keuangan-jakarta?share

Sosial media:

https://www.instagram.com/p/B5RzPj4pVSi/?igshid=vsx6b77vc8wn/
https://www.facebook.com/JasaKonsultanKeuanganIndonesia
https://linkedin.com/in/jasa-konsultan-keuangan-76b21310b

Digital Ekosistem (DEKO) Web Komunitas (WebKom) PT JKK Digital:

Platform komunitas corporate blockchain industri keuangan

#JasaKonsultanKeuangan #BlockMoney #jasalaporankeuangan

#JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi #jkkdigital #jkkgroup

#sumberrayadatasolusi #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama

#blockmoneyindonesia #marinecontruction #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan

#jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi #Accountingservice #Tax #Audit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BlockMoney BlockChain Indonesia