Makanan Khas Daerah tiap Provinsi di Indonesia Serta Daerah Asalnya

Dari keseluruhan daerah Provinsi di Indonesia, tentunya memiliki keberagaman budaya, mulai dari bahasa, pakaian adat, termasuk juga makanan khas daerah. Berbagai macam makanan khas daerah di Indonesia mempunyai cita rasa lezat dan unik, dengan menggunakan bahan, bumbu dan rempah-rempah khas daerah masing-masing.

Nggak sedikit juga makanan khas Indonesia mendapatkan apresiasi dari kalangan dunia. Bahkan, banyak makanan Indonesia yang berhasil dinobatkan sebagai salah satu makanan paling enak di dunia. Nah, biar kamu makin kenal nih dengan makanan khas daerah di Indonesia, yuk kita cari tahu makanan khas masing-masing daerah berikut ini!

Daftar Makanan Khas tiap Provinsi di Indonesia

Makanan Khas Pulau Sumatra

1. Aceh

Mie Aceh

Mie Aceh merupakan makanan khas daerah provinsi Aceh yang menggunakan mie kuning tebal, aneka bumbu rempah dan potongan daging atau seafood seperti udang atau kepiting. Makanan khas Aceh ini umumnya dimasak dengan cara di goreng, tumis dan juga rebus. 

2. Sumatera Utara

Bika Ambon

Meski menggunakan penamaan Ambon, kue Bika Ambon tidak berasal dari daerah ambon melainkan daerah Sumatera Utara khususnya di Kota Medan. Bika Ambon merupakan kue manis yang lembut dan legit dengan ciri khas berwarna kuning.

3. Sumatera Barat

Rendang

Makanan yang satu ini nih, yang pernah dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging sapi dengan santan dan rempah-rempah yang dimasak dalam waktu lama. 

4. Riau

Gulai Belacan

Gulai belacan adalah makanan khas Riau yang merupakan olahan udang laut atau udang air tawar berkuah santan dengan perpaduan rasa dari belacan atau terasi.

5. Jambi

Tempoyak Ikan Patin

Olahan ikan patin khas daerah Jambi ini punya citara yang unik, karena menggunakan tempoyak. Tempoyak sendiri merupakan hasil fermentasi buah durian, di menu khas Jambi ini, ikan patin diolah dengan tempoyak dan aneka bumbu dan rempah yang menghasilkan rasa pedas, manis dan asam.

6. Sumatera Selatan

Pempek

Pempek merupakan makanan khas daerah Sumatera Selatan yang banyak tersebar di Kota Palembang. Pempek merupakan olahan ikan segar dengan tepung sagu yang dimakan dengan kuah cuko, mie putih atau kuning, potongan timun dan udang rebon.

7. Bengkulu

Pendap

Makanan khas Bengkulu yang satu ini punya citarasa yang pedas. Pendap terbuat dari bahan utama ikan yang diolah dengan bumbu-bumbu dan dimasak dalam balutan daun talas.

8. Lampung

Seruit

Seruit merupakan makanan khas Lampung yang biasa dihidangkan saat ada acara keluarga hingga acara adat dan keagamaan. Seruit terbuat dari ikan air tawar yang dimasak dengan cara dibakar dan dihidangkan bersama sambal terasi khas Lampung xxx tempoyak atau mangga.

9. Kepulauan Bangka Belitung

Mie Bangka

Mie Bangka adalah makanan khas Kepulauan Bangka Belitung yang sangat populer. Nggak hanya di tempat asalnya, bahkan merambah sampai ke kota besar lainnya. Menu Mie Bangka ini terbuat dari mie ditambahkan potongan daging dan disiram dengan kuah bening.

10. Kepulauan Riau

Mie Lendir

Mie lendir mungkin terdengar sedikit aneh di telinga kamu. Namun, istilah “Lendir” ini merupakan sebutan orang setempat untuk menyebut kuah kental dari olahan mie khas Kepulauan Riau ini. Kuah mie lendir sendiri terbuat dari kacang tanah dan ubi yang membuat kuahnya menjadi berwarna kecoklatan.

Makanan Khas Pulau Jawa

11. DKI Jakarta

Kerak Telor

Makanan khas daerah DKI Jakarta ini sering ditemukan ketika ada festival, seperti saat Pekan Raya Jakarta. Makanan khas Betawi ini terbuat dari beras ketan, telur ayam/bebek, ebi yang ditaburi bawang goreng dan kelapa sangrai. 

12. Jawa Barat

Karedok

Karedok merupakan makanan khas daerah Jawa Barat yang terbuat dari berbagai sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, kol, mentimun dan daun kemangi yang disiram dengan saus kacang.

13. Jawa Tengah

Lumpia

Lumpia adalah makanan khas daerah Jawa Tengah khususnya di Kota Semarang. Lumpia seringkali dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke kota Semarang. Lumpia sendiri punya berbagai macam isian, mulai dari ayam, telur ikan, sayur hingga udang.

14. DI Yogyakarta

Nasi Gudeg

Bicara soal DI Yogyakarta alias Jogja pastinya nggak bisa lepas dari makanan khasnya yaitu Nasi Gudeg. Nasi Gudeg merupakan olahan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Nasi Gudeg juga biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam, telur, tahu/tempe bacem dan sambel goreng krecek.

15. Jawa Timur

Rujak Cingur

Di Jawa Timur, Rujak Cingur menjadi makanan khas daerah yang banyak ditemui di daerah asalnya, Kota Surabaya. Rujak Cingur ini berbeda dengan rujak pada umumnya. Rujak Cingur menggunakan Cingur alias mulut sapi yang disajikan bersama sayuran dengan bumbu kacang siram dari petis udang, gula merah, dan ditaburi bawang goreng serta pisang klutuk.

16. Banten

Sate Bandeng

Nggak seperti sate pada umumnya, sate bandeng ini memiliki ukuran yang jumbo dan bertekstur lembut mirip dengan otak-otak. Dalam prosesnya, sate bandeng diolah dengan memisahkan duri dan daging ikan, dihancurkan, diberi rempah, dimasukan kembali ke dalam kulit ikan dan dimasak hingga matang sehingga sate bandeng lebih mudah untuk disantap.

Makanan Khas Pulau Nusa Tenggara & Bali

17. Bali

Ayam Betutu

Makanan khas Bali ini pastinya sudah kamu kenal. Yup, Ayam Betutu makanan khas Bali ini biasa ditemukan di hampir setiap warung makan ketika kamu berada di Bali. Ayam Betutu sendiri merupakan olahan ayam dengan bumbu betutu, bumbu khas bali yang terdiri dari daun jeruk, sereh, salam, dan rempah lain yang membuat citarasa Ayam Betutu menjadi lezat.

18. Nusa Tenggara Barat

Ayam Taliwang

Suka dengan olahan ayam pedas? Makanan khas Nusa Tenggara Barat ini wajib kamu coba. Ayam Taliwang merupakan makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar Ayam dengan bumbu cabai merah, bawang merah, bawang putih dan lainnya. Ayam Taliwang biasanya disajikan bersama dengan nasi hangat dan sayur pelengkap seperti plecing kangkung.

19. Nusa Tenggara Timur

Jagung Bose

Di daerah Nusa Tenggara Timur, Jagung sangat populer menjadi makanan utama pengganti nasi. Maka dari itu, makanan khas Nusa Tenggara Timur, Jagung Bose menggunakan Jagung sebagai bahan utamanya. Makanan ini terdiri dari jagung yang diolah bersama kacang-kacangan seperti kacang merah atau kacang tanah dan santan yang dimasak hingga menjadi bubur. Jagung Bose biasanya dimakan dengan aneka lauk seperti ikan tuna goreng, tumis paria dan sambal lu’at.

Makanan Khas Pulau Kalimantan

20. Kalimantan Barat

Bubur Pedas

Bubur Pedas, makanan khas Kalimantan Barat ini terbuat dari beras yang ditumbuk lalu dioseng dengan campuran rempah-rempah dan sayuran, seperti kangkung dan pakis. Bubur Pedas juga ditaburi kacang goreng dan ikan teri yang membuatnya semakin nikmat.

21. Kalimantan Tengah

Kalumpe

Kalumpe merupakan olahan sayur daun singkong khas Kalimantan Tengah. Dibuat dengan cara menumbuk daun singkong hingga halus serta ditambahkan aneka rempah dan ditaburi teri dan kacang lalu disantap bersama dengan nasi hangat.

22. Kalimantan Selatan

Soto Banjar

Soto Banjar adalah jenis soto khas Suku Banjar yang berasal dari Kalimantan Selatan. Soto Banjar merupakan soto berkuah bening dengan rempah-rempah seperti pala, kayu manis, cengkeh yang ditaburi suwiran ayam, perkedel kentang dan telur rebus. Uniknya, Soto Banjar dinikmati dengan ketupat sebagai karbohidrat utamanya. 

23. Kalimantan Timur

Gance Ruan

Gance Ruan merupakan olahan dari ikan “Haruan” atau ikan Gabus yang diolah dengan bumbu Gance. Makanan khas Kalimantan Timur ini, berasal dari Kutai Kartanegara. Gance Ruan adalah makanan khas berupa ikan yang dibakar atau digoreng dan dilumuri bumbu Gance yang memiliki rasa pedas manis.

24. Kalimantan Utara

Kepiting Soka

Suka dengan olahan kepiting? Maka kamu harus coba nih makanan khas Kalimantan Utara, Kepiting Soka. Kepiting Soka dapat diolah berbagai macam, seperti ditumis dengan saus khas dan digoreng krispi dengan tepung.

Makanan Khas Pulai Sulawesi

25. Sulawesi Utara

Bubur Manado

Bubur Manado atau Tinutan adalah makanan khas Sulawesi Utara yang sangat populer. Makanan ini berasal dari daerah Kota Manado. Dalam penyajiannya, Bubur Manado dicampur dengan berbagai jenis sayuran seperti kangkung dan bayam bersamaan dengan lauk ikan cakalang serta sambal roa.

26. Sulawesi Tengah

Palumara

Palumara, makanan khas Sulawesi Tengah yang merupakan sup ikan dengan citara pedas dan asam. Palumara biasanya menggunakan ikan kembung atau ikan bandeng yang dimasak dengan aneka rempah-rempah.

27. Sulawesi Selatan

Sop Konro

Siapa disini penggemar iga sapi? Kamu wajib coba nih olahan iga sapi khas Sulawesi Selatan, yaitu Sop Konro. Makanan ini nggak hanya terkenal di daerah asalnya, bahkan sudah sampai ke daerah lainnya. Makanan khas Sulawesi Selatan ini adalah olahan sop daging iga sapi dengan ciri khas kuah berwarna coklat yang berasal dari rempah-rempah yang lezat dan menyegarkan.

28. Sulawesi Tenggara

Lapa-lapa

Makanan khas Sulawesi Tenggara ini berbahan dasar beras dan memiliki bentuk lonjong mirip dengan lontong. Bedanya, Lapa-lapa mempunyai rasa yang gurih karena ditambahkan dengan santan. Makanan ini umumnya dijadikan menu pengganti nasi.

29. Sulawesi Barat

Bolu Paranggi

Bolu Paranggi merupakan hidangan manis khas Sulawesi Barat yang terbuat dari  campuran tepung terigu, telur, gula pasir dan gula aren. Kue khas Sulawesi Barat ini memiliki ciri bentuk bundar dan warna coklat dengan rasa yang manis.

30. Gorontalo

Binte Biluhata

Binte Biluhata adalah makanan khas Gorontalo yang memiliki arti Jagung yang disiram. Binte Biluhata terbuat dari bahan-bahan seperti jagung, parutan kelapa, udang dan suwiran ikan cakalang yang kemudian disiram dengan kuah khas Gorontalo.

Makanan Khas Pulau Maluku & Papua

31. Maluku

Ikan Asar

Ikan Asar adalah makanan khas Maluku berbahan dasar ikan cakalang yang dimasak dengan teknik pengasapan. Ikan Asar juga biasa disebut dengan ikan asap, biasa dinikmati dengan nasi dan sambal colo-colo.

32. Maluku Utara

Gohu Ikan

Makanan khas Maluku Utara ini dikenal juga dengan Sashimi Ternate. Mengapa disebut Sashimi? Karena olahan Gohu Ikan ini  disajikan secara mentah. Gohu Ikan berbahan dasar ikan tuna atau cakalang mentah yang dilumuri jeruk dan garam dan ditaburi tumisan bawang merah, cabai dan kenari.

34. Papua

Papeda

Papeda adalah makanan pokok masyarakat Papua. Makanan ini dapat dengan mudah ditemui di wilayah Papua. Papeda terbuat dari tepung sagu yang disantap bersamaan dengan kuah kuning dari ikan tongkol.

35. Papua Barat

Ikan Bungkus

Ikan Bungkus merupakan makanan khas Papua Barat yang berupa ikan laut yang dibakar dengan cara dibungkus daun talas dengan campuran berbagai rempah dan garam, untuk memberikan rasa asin dan menetralisir getah dari daun talas, kemudian dibakar dengan api kecil.

Nah itulah dia daftar makanan khas dari tiap daerah di Indonesia. Jangan lupa cicipi ketika berkunjung ke daerah-daerah di atas ya! Kalau kamu nggak mau repot, kamu juga bisa lho memasak makanan khas Indonesia sendiri di rumah dengan bahan-bahan segar dari Astro. Mulai dari ikan, sayuran, daging hingga rempah-rempah tersedia lengkap.

Sumber : https://www.astronauts.id

Bersama

PT. Jasa Konsultan Keuangan

PT. Jasa Laporan Keuangan

PT. BlockMoney BlockChain Indonesia

“Selamat Datang di Masa Depan”

Smart Way to Accounting Solutions

Bidang Usaha / jasa:

– Accounting Service

– Peningkatan Profit Bisnis (Increased Profit Business Service)

– Pemeriksaan Pengelolaan (Management Keuangan Dan Akuntansi, Due Diligent)

– Konsultan Pajak (Tax Consultant)

– Studi Kelayakan (Feasibility Study)

– Projek Proposal / Media Pembiayaan

– Pembuatan Perusahaan Baru

– Jasa Digital Marketing (DIMA)

– Jasa Digital Ekosistem (DEKO)

– Jasa Digital Ekonomi (DEMI)

– 10 Peta Uang Blockchain

Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

Email: headoffice@jasakonsultankeuangan.co.id

cc:

jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com

jasakonsultankeuangan.co.id

Hubungi: Widi Prihartanadi / Risky Asyhari :0813 8070 0057 / 0811 80 411 57

WebSite :

https://jasakonsultankeuangan.co.id/

https://jasakonsultankeuangan.com/

https://skkpindotama.co.id/

https://marineconstruction.co.id/

https://g.page/jasa-konsultan-keuangan-jakarta?share

Sosial media:

https://www.instagram.com/p/B5RzPj4pVSi/?igshid=vsx6b77vc8wn/

https://www.facebook.com/JasaKonsultanKeuanganIndonesia

https://linkedin.com/in/jasa-konsultan-keuangan-76b21310b

Digital Ekosistem (DEKO) Web Komunitas (WebKom) PT JKK Digital:

Platform komunitas corporate blockchain industri keuangan

#JasaKonsultanKeuangan #BlockMoney #jasalaporankeuangan

#JejaringLayananKeuanganIndonesia #jkkinspirasi #jkkmotivasi #jkkdigital #jkkgroup

#sumberrayadatasolusi #satuankomandokesejahteraanprajuritindotama

#blockmoneyindonesia #marinecontruction #mitramajuperkasanusantara #jualtanahdanbangunan

#jasakonsultankeuangandigital #sinergisistemdansolusi #Accountingservice #Tax #Audit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BlockMoney BlockChain Indonesia